Jelang Tes Masuk PTN, Puluhan pelajar ikuti “SIMULTAN SIKAMDAR”

MAGELANG (BEM KM Untidar) –  Dalam rangka mempersiapkan tes masuk perguruan tinggi negeri (PTN) 2021, BEM KM Universitas Tidar  menyelenggarakan tryout online nasional pada Minggu, (4/4/2021). BEM KM Untidar bekerjasama dengan salah satu Bimbingan Belajar (Bimbel) Neutron Magelang. Acara ini diikuti 50 peserta dari Magelang maupun luar Magelang karena ini terbuka untuk umum.

Event yang diberi nama ”Simultan Sikamdar” atau simulasi UTBK Nasional dan Sosialisasi Kampus Untidar ini bertemakan “Dare to dream of reaching the future”. Selain Tryout UTBK, acara ini menyediakan beberapa fasilitas lainnya. Seperti giveaway, pembahasan soal, informasi kampus, tips & trick masuk PTN serta uang pembinaan bagi 3 peserta yang memperoleh nilai tertinggi.

Dalam sambutanya, ketua panitia Sobri Khausan Al Muis meminta agar seluruh peserta selalu semangat dalam mengikuti rangkaian tes UTBK 2021. “Semangat bagi semua peserta untuk meraih impian masuk PTN Favorit”, ucap Sobri, Minggu (4/4).

Sementara itu, Plt Ketua BEM KM Untidar Arsyada Nihayati juga turut memberikan semangat bagi peserta yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri. “Tetap semangat untuk melanjutkan keperguruan tinggi negeri”, tutur Asyada.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan membahasa soal uji coba UTBK bersama Mr. Kiswantoro dari BImbel Neutron Magelang. Dalam sesi ini, Kiswantoro lebih berfokus pada soal Matematika karena Matematika pasti ada di setiap tes masuk PTN. Sementara itu, peserta juga diperbolehkan untuk bertanya mengenai pembahasan soal.

“Matematika itu pasti ada di tes PTN. Dari tahun ke tahun pasti ada Matrik, geometri dan lainnya yang sebenernya sederhana tapi banyak yang terkecoh”, jelas Kiswantoro.

Acara yang terakhir adalah sosialisasi kampus Untidar yang dipimpin oleh Arif Rahman Saleh yang merupakan Dosen teknik mesin Untidar.  Beliau menjelaskan sejarah Untidar, Fakultas yang ada di Untidar, hingga progress pembangunan Untidar. Selain itu, beliau juga mengatakan bahwa program studi diploma tiga (d3) di Untidar sedang proses menjadi sarjana terapan (d4).

“saat ini program studi d3 yang ada di Untidar, yaitu d3 mesin dan d3 akuntansi sedang berproses menuju sarjana terapan atau d4. Karena melihat mahasiswa lulusan d3 pasti tidak langsung kerja, dirasa kurang kompeten sehingga melanjutkan ke jenjang S1”, jelas Arif.

“selain itu, di Untidar juga memfasilitasi mahasiswa yang memiliki bisnis wirausaha agar lebih menjadi lebih baik dan maju. Sesuai dengan Visi Untidar Menjadi Universitas Unggul Dalam Bidang Kewirausahaan Berbasis Sumberdaya dan Kearifan Lokal”, imbuhnya diakhir sosialisasi kampus.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *