RILIS PERS : BEM KM UNTIDAR DALAM MUNAS BEM SI XIV

Musyawarah nasional badan eksekutif mahasiswa seluruh indonesia (munas bem si) adalah agenda tahunan yang diselenggarakan oleh aliansi bem si. Tahun ini adalah Munas BEM SI ke XIV yang diselenggarakan di Universitas Andalas. Agenda munas ini adalah penetapan posisi struktural BEM SI untuk setahun kedepan, yaitu : koordinator pusat, koordinator wilayah, koordinator isu, dan koordinator forum perempuan. BEM KM UNTIDAR memutuskan untuk menghadiri Munas dalam rangka memenuhi kewajiban sebagai anggota aliansi BEM SI sekaligus sebagai upaya untuk memperluas jaringan dengan berbagai kampus yang ada di indonesia.

Situasi Munas BEM SI XIV

Tanggal 28 Maret 2021 pembukaan Munas BEM SI XIV dilaksanakan di Aula Gubernur Sumatra Barat yang dihadiri oleh koordinator pusat BEM SI 2020, Wakil Rektor 3 Universitar Andalas, Wakil Gubernur Sumatera Barat, dan Mentri Pemuda dan Olahraga.

Tanggal 29 Maret 2021 sidang munas dilaksanakan di Auditorium Universitas Andalas. Pada awalnya acara berlangsung kondusif dan lancar. Ketika sidang hendak dimulai dengan presidium sementara, peserta munas mendapat kabar bahwa masih ada 11 delegasi dari kampus beberapa daerah yang tidak diperbolehkan masuk dengan alasan administrasi.

Sidang belum dimulai karena forum menghendaki agar sidang dimulai setelah 11 delegasi yang berada diluar diperbolehkan masuk ke ruang sidang. 11 delegasi tersebut berngkat memenuhi undangan yang diberikan panitia munas dan atas dasar pemenuhan kewajiban mereka sebagai anggota aliansi BEM SI.

Panitia menolak untuk memasukkan 11 delegasi ke dalam ruang sidang karena mereka belum memenuhi syarat administrasi dari panitia munas dan penerapan protokol kesehatan. Perdebatan berlangsung hingga sore hari kemudian agenda hari itu dicukupkan dan dilanjutkan di kemudian hari.

Tanggal 30 maret 2021 jumlah peserta yang tidak diperbolehkan masuk bertambah menjadi 18 delegasi dan memutuskan melakukan aksi diluar auditorium. Sebagian besar peserta yang tergabung dalam forum, termasuk BEM KM UNTIDAR, memutuskan IKUT BERSOLIDARITAS bersama dengan peserta yang tidak dibolehkan bergabung kedalam sidang.

Beberapa peserta munas coba berkomunikasi dengan Pengurus Inti (PI) BEM SI 2020, selaku pemberi mandat kepada Universitas Andalas menjadi tuan rumah untuk merekomendasikan kepada panitia agar delegasi yang diluar tetap diperbolehkan masuk dan mengingatkan bahwa kedaulatan tertinggi berada di forum.

Rekomendasi tersebut disetujui oleh Pengurus Inti (PI) dan  berjanji akan mengkomunikasikan terkait hal tersebut kepada panitia.

Pada hari rabu 31 maret 2021 menimbang hal yang sudah dijelaskan sebelumnya BEM KM UNTIDAR bersama dengan 131 peserta yang tergabung di dalam forum memutuskan untuk walk out dari Munas BEM SI XIV   di Auditorium Unand. Kekecewaan peserta diperparah karena panitia tetap melanjutkan Munas di dalam auditorium dengan hanya sekitar 30 peserta dan bahkan tanpa perwakilan Universitas Diponegoro (UNDIP) selaku presidium sidang III. Peserta yang keluar juga terus mengajak peserta yang berada di Auditorium Unand untuk ikut bersolidaritas dan bergabung bersama forum.

Pada hari kamis 1 April 2021 132 peserta yang walk out dari Munas memutuskan untuk mengadakan Munas BEM SI XIV yang berlandasan kedaulatan anggota aliansi BEM SI di Asrama Haji Padang. Munas diadakan secara swadaya dan kolektif oleh anggota yang mengikuti dan mengajak seluruh anggota BEM SI tanpa terkecuali. Malam harinya, 132 peserta kembali mengundang seluruh anggota aliansi BEM SI terutama yang masih ada di Unand untuk bergabung dalam Munas BEM SI XIV di Asrama Haji Padang

Beberapa Rekomendasi kebijakan Dari Forum

  1. Anggota aliansi BEM SI yang tidak dapat masuk untuk diberikan kesempatan melengkapi berkas-berkas yang disyaratkan serta pengecekan status keanggotaan segingga tidak serta merta memasuki forum.
  2. Dibukanya transparansi jumlah peserta yang ada di forum melalui presensi karena adanya kecirigaan peserta terhadap banyaknya kursi kosong yang diisi.
  3. Menukar panitia yang berada diruangan sejumlah dengan peserta di luar forum menimbang banyaknya panitia di dalam ruangan.

Sayangnya panitia menolak seluruh usulan tersebut dengan alasan itu semua merupakan hak prerogatif panitia.

Pandangan BEM KM UNTIDAR

  1. BEM SI adalah aliansi yang memegang teguh prinsip inklusifitas dan demokratis.
  2. Terkait dengan 18 delegasi kampus yang bermasalah terkait administrasi seharusnya bisa diselesaikan tanpa mengurangi hak anggota aliansi dan panitia seharusnya menjadi fasilitator untuk mengatasi permasalahan tersebut.
  3. Dalam musyawarah kedaulatan tertinggi berada di forum bukan di ketua panitia atau tuan rumah dalam hal ini presiden mahasiswa Universitas Andalas, Mereka tidak seharusnya bertindak arogan dan memutuskan segala sesuatunya secara sepihak.
  4. Panita bertindak melampaui batas dengan bersikap tidak mengindahkan saran forum dan rekomendasi pengurus inti BEM SI 2020 yang menyarankan agar 18 delegasi kampus yang masih berada di luar untuk diikut sertakan ke dalam forum terlebih dahulu dan dibantu untuk menyelesaikan permasalahan administrasinya.

Peran Yang Diambil BEM KM UNTIDAR Dalam Munas BEM SI XIV 

Agenda Munas BEM SI XIV di Padang salah satunya adalah pemilihan posisi struktural yang ada di BEM SI, diantaranya koordinator pusat, koordinator FP, koordinator wilayah, dan koordinator isu secara mandataris. Mandataris yang dimaksud merupakan bentuk mandat yang dilandaskan dari hasil kesepakatan 132 perguruan tinggi yang tergabung dalam Munas BEM SI XIV. Bentuk mandat yang diterima oleh koordinator pusat dan jajarannya pada Munas BEM SI XIV  merupakan mandat yang sah dan terlegitimasi oleh 132 perguruan tinggi.

Menyikapi hal itu, BEM KM UNTIDAR percaya bahwa isu yang menjadi fokus utama untuk situasi saat ini adalah isu-isu yang berkaitan dengan pemulihan ekonomi pasca pandemi.Atas dasar pertimbangan tersebut BEM KM UNTIDAR memutuskan untuk bergabung menjadi anggota koordinator isu ekonomi yang dikoordinatori oleh Universitas Gajah Mada sebagai penerima mandat yang sah dan terlegitimasi.

Rilis Pers dari 132 Perguruan Tinggi yang walk out melalui tautan:

bit.ly/RilisPersBEMSI

Piagam Persatuan hasil Munas di Asrama haji Padang dapat di akses di:

bit.ly/PiagamPersatuanBEMSI

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *